Posts

Showing posts from June, 2007

Versi 5.07

Akhirnya saya ganti ke template bitra versi 5.07 (versi 3 dan 4-nya tidak dipublikasikan karena tidak sempurna, jadi langsung lompat ke versi 5, hehe..). Versi ini berbeda jauh dari versi 2. Yang ini saya buat lebih minimalis, lebih terang (kayanya terlalu terang ya?), tambahan kolom, dan posisi navigasi yang tadinya di sebelah kanan saya tukar ke sebelah kiri. Biar gak bosen!

Templet versi 5 ini bertema: "Melawan malas nulis". Makanya saya buat lebih "ceria", siapa tahu templetnya bikin mood untuk nulis.

Jadi, siap banyak nulis nih ceritanya? Hehe..

Energi yang lagi krisis

Untuk orang yang sebagian hidupnya didedikasikan pada aktivitas teknologi (seperti saya) yang sedikit (sedikittt?) bersandar pada perangkat elektronik, yang namanya persoalan listrik tak bisa dianggap remeh. Makanya headline Kompas kemarin tentang adanya kemungkinan padamnya aliran listrik di pulau Jawa dan Bali bikin risau. Bahkan, orang-orang yang aktivitasnya tak mirip saya pun akan khawatir.Apa yang akan terjadi kalau satu pulau padat tak berlistrik? Yang pasti bukan hanya tak bisa ketak-ketik di komputer. Orang-orang bakal kesulitan nonton TV, tak bisa browsing internet, ngeblog, es-es mencair dari banyak kulkas, komunikasi via kabel dan nirkabel akan terganggu, aktivitas ekonomi terancam lumpuh, belum lagi matinya ikan-ikan di akuarium (seperti yang menimpa arwana ayah saya beberapa hari lalu, hehe..), sampai kekacauan lalu lintas yang tak terkira akibat matinya semua lampu lalu lintas. Lebih jauh lagi, kita bisa bayangkan matinya sistem alarm di banyak fasilitas publik seperti …

Rek nipu?

Kemarin lusa tiba-tiba ada sms masuk. Waktu saya lihat, nomornya tak dikenal handphone saya. Di layar handphone, tertulis: +6285282038100Isi smsnya aneh alias menyebalkan:Bingung lagi ga punya pulsa? Mau pulsa GRATIS Rp.50rb setiap 10 mnt + ramalan harian pribadi kamu? Ketik REG HOKI sms ke 9899. CS: 02157940798Ini orang yang ngirim sms mau nipu atau apa? Tentu saya tak percaya dengan tawaran itu. 50 ribu tiap sepuluh menit? Kaya amat tuh orang yang bikin promosi.Ditambah, sebelumnya saya sempat mendengar ada seseorang yang bilang, kalau tiba-tiba ada sms yang “nyuruh” kirim registrasi sms ke nomor dengan empat digit (saya lupa nomornya), jangan dituruti. Konon, katanya setelah kita teregistrasi, tiap hari pulsa kita bisa diplorotin ribuan rupiah. Dan untuk berhenti dari program itu cukup sulit. Untuk orang yang biasa ngisi pulsa rata-rata 10 ribu sampai 25 ribu untuk dua mingguan, jelas nyekek banget. Ah, ngapain juga ngambil resiko macam itu?Though, saya sendiri tak tahu pasti apa s…

Kemalingan motor! [Sambungan]

[Akhirnya.. Sambungan!]

Sore hingga malam, saya menghabiskan waktu bersama lida, iden dan kemudian teman-teman di kosan ngobrol ngalor-ngidul. Weni, teman kosan, sempat bercerita tentang motor pacarnya yang hilang sekitar satu tahun lalu di tengah hujan besar. Motor Tiger yang diparkir di pinggir jalan Gerlong Girang itu hilang. Tak pernah ketahuan bagaimana cara maling itu menggondol si motor. Tentang siapa malingnya, lebih-lebih. Tak ada yang tahu. Tapi seingat saya, di tengah cerita Weni itu, perhatian saya tiba-tiba terpotong oleh sesuatu. Saya lupa apa. Inilah mungkin yang membuat saya tidak segera memperhatikan nasib si hitam-oranye.

Setelah cukup capek ngobrol di ruang tengah yang dingin dan berangin, sekitar jam 10 malam saya masuk ke kamar. Lida, yang saya tahu, naik ke lantai atas untuk ngobrol lagi sama anak-anak atas. Saya sendiri kemudian anteng di depan komputer, ngutak-atik kode dan desain. Kalau tidak salah saya masih di depan komputer sampai jam tiga subuh. Kemudian say…

File DOC jadi EXE? Mungkin kena virus KSpoold tuh

Bagi yang pernah dibuat kesulitan dengan virus yang mengubah file berekstensi *.doc (Microsoft Word) menjadi *.exe (application), coba antivirus PCMAV SE untuk KSpoold ini:

http://www.divshare.com/download/878012-da9
atau
http://www.divshare.com/download/841131-001

Tapi catatannya, ini hanya bisa berlaku dengan baik untuk virus KSpoold.A, sementara untuk versi B-nya engga mempan (akibatnya file asli yang terinfeksi malah terhapus kalau di "cure"-- dan jangan coba-coba untuk membersihkan file yang kena virus di flashdisk, karena gak akan bisa di-restore alias benar-benar hilang tak berbekas).

Menghindari kena virus KSpoold.A
Tips sederhana untuk menghindari katepaan virus ini adalah menyimpan dokumen teks dengan ekstensi *.rtf (Rich Text Format). Karena yang saya tahu, virus ini emang cuma menyerang file *.doc. Well, I know it works for me. Just hoped that it works for you too.


Semoga bermanfaat.

Thanks to: Hahn and Abie for the information.