Instal BIOS Acer AspireOne (lagi)

Lagi-lagi netbook sang istri nge-blank alias layarnya tidak menampilkan apa-apa ketika barusan dinyalakan. Sama seperti yang pernah saya alami, yang menyala pada si netbook hanya lampu tombol power, yang lainnya padam. Saya yang belum lama bangun tidur dan entah kenapa merasa sangat ngantuk dan lemas tidak seperti biasanya (padahal baru mandi), hanya menghela nafas panjang dan menyarankan, "periksakan ke Service Center saja". Untungnya Maulida mengingatkan, "barangkali harus upgrade BIOS".

Agak tidak masuk akal sebenarnya istilah yang ia sebutkan. Soalnya, setahu saya versi BIOS tipe AspireOne A150 milik istri saya itu tidak dimutakhirkan oleh Acer sejak 2009. Tapi toh saya coba juga. Untungnya saya menyimpan langkah-langkah "upgrade" BIOS tersebut di blog saya ini (Lihat: AspireOne yang "Hanya Hitam"). Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, yiihaa!, netbook kembali berfungsi seperti sedia kala. :D

Catatan: Kalau melihat polanya, netbook Acer AspireOne tipe ini (A150) sepertinya memang harus mengalami proses instal ulang (flashing?) BIOS tahunan, untuk kasus saya, dua tahun. Hal ini juga yang sempat diutarakan petugas Service Center Acer waktu kami menanyakan analisa sementara hasil diagnosa netbook yang mati itu dua tahun lalu.