Menyimpan "pacakage list" ke file

Ketika tidak punya koneksi langsung ke internet, menginstal paket yang dibutuhkan di Ubuntu memang agak mengesalkan. Ketika kita bertanya ke sebuah forum tentang cara menginstal audacious, misalnya, anggota forum yang lain memberi jawaban sederhana.
"Tinggal ketik saja di konsol/terminal:"
$ apt-get install audacious
Seperti tadi saya bilang, buat mereka yang tidak secara langsung terhubung ke internet saran semacam ini tidak langsung memecahkan masalah yang dihadapi. Untuk mereka yang telah terbiasa dengan repository mungkin tidak akan mengeluh. Tapi yang lainnya? Ya, mungkin sama saja dengan saya. Lieur...

Untuk mengatasi kesulitan menginstal paket menggunakan apt-get secara online, saya biasanya berkunjung ke kanal paketnya Debian. Tidak terlalu sulit. Saya bisa cari paket yang dibutuhkan menggunakan fungsi search-nya. Cuma masalah baru kita sadari ketika melihat daftar dependencies dari paket yang kita butuhkan. Karena setiap paket biasanya tergantung pada paling tidak satu paket lain (dependent), dan si paket itu tergantung pada paket yang lainnya lagi. Untuk contoh, paket audacious 1.2.2-4 membutuhkan paling tidak 20-an paket. Sementara masing-masing paket dari ke-20an paket itu membutuhkan paket lain.


Bagi pemula seperti saya, pikiran jadi kacau. Bagaimana kita tahu mana paket yang sudah dimiliki Ubuntu kita dan mana yang belum?

Setelah mencari-cari, saya temukan baris perintah sederhana ini di ubuntuforums:
$ dpkg -l > daftarPaket.txt
Perintah tersebut berfungsi untuk mencatat paket apa saja yang sudah terlinstal di Ubuntu dan menyimpannya ke file bernama daftarPaket.txt. Jadi bagi mereka yang masih menggunakan cara "primitif" :) seperti saya, mungkin cara ini bisa membantu untuk memilah dan mengunduh paket yang memang benar-benar diperlukan (dan menghemat waktu).

Tentu, hidup akan jauh lebih mudah kalau saja saya punya DVD Repository-nya...