Menginstal huruf berjenis *.otf

Beberapa hari lalu saya tertarik untuk menginstal jenis font logo Ubuntu, dan setelah browsing, saya mendapatkan file-nya. Tapi file itu berjenis OpenType Font (*.otf). Setelah browsing ke ubuntuforums.org (jadi langganan nih, hehe..) saya mendapatkan instruksinya dan setelah saya ikuti: haha.. berhasil. Siapa tahu ada yang punya kesulitan yang sama, saya tuliskan di bawah ini caranya. Sederhana kok.

Contoh kasusnya: saya punya file huruf ubuntu-title.otf di dalam file ZIP bernama ubuntu-title.zip di desktop saya.

Ini yang saya lakukan (menggunakan terminal):

cd ~/Desktopunzip ubuntu-title.zipmkdir ~/.fontscp ubuntu-title.otf ~/.fontssudo fc-cache -f

Tentang perintah di atas:
  1. Pindah ke Desktop
  2. Ekstrak isi ubuntu-title.zip
  3. Buat folder fonts di home directory kita
  4. Salin file ubuntu-title.otf ke folder fonts yang tadi kita buat
  5. Lakukan update cache font untuk memastikan Ubuntu mengenali font baru kita
Setelah itu untuk mencoba apa font sudah terinstal, saya coba buka GIMP dan mengetik teks dengan huruf itu. Sekali lagi: Damn, it works! :)

Hanya saja, ada beberapa catatan tentang font berjenis *.otf, font jenis ini tidak bisa dikenali oleh AbiWord dan OpenOffice.org. Untuk bisa dipakai di kedua aplikasi tadi, ada yang menyarankan untuk mengkonversi *.otf ke *.ttf (TrueType Font) menggunakan FontForge. Tapi ada konsekuensinya. Beberapa fitur seperti ligatures, special kerning dan lainnya akan hilang setelah dikonversi.