23 December 2007

Hati-hati "lamer" di forum-forum linux

Forum diskusi biasanya sangat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan bantuan pada suatu hal. Tapi, mulai sekarang kita sepertinya harus hati-hati, karena dalam salah satu forum bantuan teknis linux, ada pengguna yang bukannya memberi masukan untuk membantu, tapi untuk mencelakai orang yang diberi "bantuan". Kabarnya, saran sesat semacam ini jamak dilakukan oleh para pengguna windows untuk "menyerang balik" linuxer yang sering memberi saran yang sama menyesatkannya pada forum-forum bantuan teknis windows.

Saran menyesatkan itu misalnya, menyuruh pengguna pemula untuk mengetik perintah berikut pada konsol sebagai solusi dari masalah yang ditanyakan:
sudo rm -rf /
padahal, konsekuensi dari eksekusi perintah itu cukup menyeramkan: menghapus segala sesuatu di dalam hardisk, secara permanen! Jadi, sebelum mengikuti saran pengguna lain untuk suatu masalah, ada baiknya kita punya pengetahuan mendasar dulu tentang apa, misalnya, konsekuensi dari penggunaan sudo atau su pada konsol linux.

Saya mendapat artikel tentang itu di Motho ke motho ka botho

Sebuah posting yang lebih panjang tentang "malicious command" itu juga ditampilkan sebagai pengumuman penting di ubuntuforums.org.