The Operators

Selama beberapa tahun ke belakang, saya punya semacam tugas tetap: menjadi operator presentasi di event tahunan Rapat Pimpinan di perusahaan tempat saya bekerja (untuk tugas ini saya selalu diduetkan dengan @sandi_outun). Dan saya baru sadar, sedikit saja (untuk tidak berkata tidak ada) dokumentasi diri kami sedang mejeng di belakang meja operator. Kalaupun ada, biasanya jenis foto “kebetulan masuk frame”. Toh biasanya tidak ada waktu cukup luang untuk berfoto-foto. Ketika ada waktu luang, biasanya saya manfaatkan untuk ngopi sambil ngudud. Da setres tea geuning, mang. 


Tapi tahun ini, kebetulan ada fotografer amatir berdedikasi yang mengambil foto secara ‘candid’ orang-orang yang bekerja di balik layar, termasuk kami “the operators”. Bagi saya simpel saja sih, foto semacam ini menjadi pengingat suka dan duka keterlibatan saya dalam meramu acara bersama teman-teman. Mengingatkan agar kita selalu belajar dari kesalahan, berusaha mengatasi kekurangan dan kesulitan, serta mencari keunggulan apa yang bisa diberikan. Saya belajar untuk selalu belajar.

Pada kegiatan seperti ini, tak bisa dipungkiri: There’s always stress and pain, but most of the time: fun. 

***

Diterbitkan pertama kali di Instagram pada 27 November 2017.

Comments