26 February 2011

Koran Tempo versi Online

Sudah lama saya tidak membuka situs Koran Tempo dan ketika barusan mengunjunginya, ternyata ada tampilan baru (setelah meng-google, saya menduga tampilan baru itu dirilis sekitar akhir bulan Mei kemarin). Di tulisan ini saya ingin mengomentari beberapa hal menarik, tapi juga sekalian mengkritik beberapa hal yang sepertinya perlu diperbaiki/dikembangkan oleh tim pengembang (developer) web Koran Tempo.

Jempol ke atas
Sejak beberapa tahun lalu saya cukup sering berkeliaran dan mengunjungi situs maupun portal berita media luar negeri. Tapi dari puluhan situs berita tersebut, hampir tidak ada yang --menurut saya-- berhasil mengkonversi tampilan versi cetak ke dalam bentuk online.

Penggunaan javascript (dalam hal ini jQuery) untuk membuat tampilan halaman yang bergeser ketika kita mengklik tautan pada judul berita memang menarik. Koran Tempo terlihat berusaha meniru pengalaman visual ketika halaman kertas koran kita buka/balik.