18 March 2009

Webhost gratis

Untuk "ngulik" aplikasi web seringkali kita belum puas kalau cuma mengandalkan server lokal di komputer. Pasti ada saja rasa penasaran bagaimana tampilan atau performa aplikasi kita jika dijalankan pada "live server". Tapi, karena banyak alasan, seringkali kita tidak bisa mendaftarkan domain/webhost sendiri (masalah keuangan atau birokrasi yang terlalu ribet).

Nah, saya kemarin2 menemukan webhost gratisan ini (yang juga dipakai cukup banyak situs di Indonesia), namanya 000webhost. Coba saja daftar. Webhost gratisan ini tidak mengganggu Anda dengan banner atau bentuk iklan lainnya (paling tidak, mereka tidak mewajibkan).

Fasilitas 000webhost lumayan menggiurkan. Space yang disediakan adalah 1,5GB, monthly bandwidthnya sekitar 10GB. Edan kan? Lebih dari lumayan untuk sebuah layanan webhost/space gratis. Kita bisa memakai ini untuk blog pribadi atau sekadar "ngulik" skrip-skrip PHP. Ya, webhost ini memang lebih cocok buat pemrograman PHP, jadi kalau ada yang ingin mencoba memakainya untuk scripting perl atau python, coba cek dulu spesifikasinya, apakah mungkin atau tidak. Jika Anda ingin punya domain sendiri, tinggal daftar ke webhost provider lain dan atur DNSnya supaya mengarah ke DNS 000webhost.

Oya, di kontrol panelnya sudah ada script installer fantastico, jadi buat yang ingin menginstal Joomla atau Wordpress, kalau tidak salah instalasinya sudah siap klik.

Catatan yang perlu diingat, usahakan akun Anda tetap aktif selama paling tidak 30 hari, karena 000webhost akan selalu mengecek, dan bila tidak aktif cukup lama akun Anda akan dihapus.

Selamat mencoba. :)