15 December 2007

Google System Operation?

Di milis id-ubuntu, saya menemukan link ke "The Greatest Linux Innovations Of 2007", isinya, ya sesuai namanya: inovasi di ranah linux paling spektakuler di tahun 2007. Di antara berbagai temuan itu, ada satu hal yang menyita mata saya: conceptual Google Operating System. Di artikel itu disebutkan, pada PC gPC TC2502 produksi Everex di Amerika Serikat yang didistribusikan minggu kemarin telah terinstal gOS (Google OS?). Disebutkan juga bahwa gOS merupakan sistem operasi berbasis Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon (Go Ubuntu!). Tampilan gOS berwarna dominan hijau, yang katanya akan membuat kesan lebih lembut untuk mata pengguna, desktopnya menggunakan Enlightenment E17 yang dimodifikasi penuh. Distro ini hadir dalam bentuk Live CD.




Beberapa fitur mencolok dari gOS ini kabarnya untuk membuat pengguna dengan mudah mengakses berbagai layanan (service) dari Google (YouTube, Google Product Search, Google Calendar, dan Google Maps). Pengguna juga difasilitasi untuk bisa dengan mudah mengakses Wikipedia dan Facebook. Selain aplikasi online, juga ada Xine, Skype dan OpenOffice.org.

Tidak ditahui apakah Google memang akan mengembangkan distro ini secara lebih serius. Yang jelas: sesuatu telah dimulai. Penasaran? Sama!

Artikel di [Phoronix]: gOS: The Conceptual Google Operating System